kesehatan anak, Psikologi anak, Ebook Kedokteran,

Senin, 20 Agustus 2012

Nganting Manuk ( muduni / maba luah )


 Acara nganting manuk adalah suatu acara yang diadakan sebagai kelanjutan maba belo selembar untukgantang tumba / unjuken (mas kawin / ganti gigeh) yang harus diterima oleh pihak perempuan. Gantang Tumba (erdemu bayu), unjuken (petuturken), nungsang galun ( la arus). Untuk itu dalam acara ini harus hadir sangkep nggeluh dari masing masing pihak :
membicarakan tentang besarnya
1. Dari Pihak perempuan
  1.  Gadis yang akan kawin
  2.  Sukut ( orang tua )
  3.  Sembuyak
  4.  Senina
  5.  Sepemeren / separibanen
  6.  Kalimbubu singalo bere-bere
  7.  kalimbubu singalo perkempun
  8.  Singalo perbibin
  9.  Anak beru

2. Dari Pihak laki-laki
  1.  Pemuda yang akan kawin
  2.  Sukut ( orang tua )
  3.  Sembuyak
  4.  Senina
  5.  Sepemeren / separibanen
  6.  Kalimbubu singaloulu mas
  7.  Puang  kalimbubu
  8.  Anak beru
Acara  nganting manuk zaman dahulu diadakan pada malam hari di awali dengan makan bersama, yang lauk utamanya adalah ayam ( manuk ) yang di masang dengan jagung tua ditumbuk (cipera). Sebelum makan, terlebih dahulu pihak pria menyerahkan luah (oleh-oleh) berupa gulame (dodol) atau rires (sesuai daerah masing-masing) dan nakan baluten sudah ada.

Pada acara nganting manuk, kampil persentabin sebanyak enam buah harus ada, yang berisi peralatan merokok dan makan sirih. Sebelum musyawarah (runggu) dimulai terlebih dahulu kampil sebanyak lima buah diserahkan kepada piha perempuan dan diteruskan kepada :


  1.  Sukut
  2.  Kalimbubu singalo bere-bere
  3.  kalimbubu singalo perkempun
  4.  Singalo perbibin
  5.  Anak beru
Sedangkan satu buah diserahkan kembali oleh pihak perempuan kepada pihak si empo untuk diteruskan kepada kalimbubu si ngalo ulu emas.
Selesai acara merokok/makan sirih, runggu (musyawarah) pun di mulai. Dalam hal ini ada kalanya proses nungkuni diulangi, karena waktu maba belo selembar keluarganya belum terlalu banyak yang hadir. Ini tergantung kepada pihak perempuan. Akan tetapi sekarang hal itu tidak dilakukan lagi karena karena orang yang telah kawin telah menerima pemberkatan di Gereja atau Mesjid/KUA dan di catatan sipil. Apabila proses nungkuni (melamar) tidak dilakukan lagi makan akan dibicarakan tentang uang jujuran (mas kawin) yang dalam praktik ada beberapa namanya, seperti :

  1. Gantang Tumba dalam perkawinan erdemu bayu
  2. Unjuken dalam perkawinan petuturken tetapi dilakukan menurut adat
  3. Tukur dalam perkawinan yang diawali dengan nangkih
  4. Nungsang galun dalam perkawinan yang la arus (sumbang) 

Pada acara makan di serahkan lima buah nakan baluten (urung julu) masing-masing kepada sukut sinereh, sembuyak, senina kuranan, singalo bere-bere, singalo perkempun, dan singalo perbibin. Akan tetapi sekarang ini nakan baluten disebutkan perakan kitik dan jumlahnya kurang lebih 20 buah. Ini bukan lagi adat tetapi jile-jile. Di daerah singalur lau dan teruh deleng nakan baluten ini tidak ada.

Di daerah langkat kebiasaan ini di sebut pinggan lanami sebanyak 12 buah, masing-masing kepada singalo perkempun, dan singalo perninin, singalo bere-bere, sukut (senina separibanen, sipemeren, sepengalon), anak beru tua, anak beru menteri, kalimbubu kuta, guru kuta, penggual, pande namura, pengulu lesung dan anak kuta ( adat ergeloh karo langkat, 1995 :5).

Selesai membicarakan gantang tumba (unjuken) acara nganting manuk (muduni) dilanjutkan dengan sijalapen, masing masing menanyakan sangkep nggeluh. Didaerah langkat, selesai sijalapen dibicarakan gantang tumba kalimbubu berupa :

  1.  Patungna, babi 8 (waluh) 9 (siwah) ras perjumanken (ladang)
  2.  Beras 12 kaleng
  3.  Ayam 21 ekor
  4.  Kelapa 100 buah 
  5.  Umbut uncim secukupnya
  6.  Awas-awas gulen secukupnya
  7.  Kayu api dan air secukupnya
  8.  kampil, tikar putih, dan bakul (sumpit) putih
Disamping itu juga ditambahkan permintaan pengantin perempuan berupa pakaian, gendang sada berngi, harga emas kepada kalimbubu atau penabei ( kalau nuranjang). Akan tetapi sering menjadi kabur dan di samaratakan.

 Untuk masalah gantang tumba/unjuken tidak sama untuk tiap daerah. disini di berikan contoh satu daerah :
Bangun Purba
  1. Batang Unjuken (orang tua )                                                           Rp.      625
  2. Bena emas (orang tua)                                                                    Rp.    1.100
  3. Ulu emas (mama siempo)                                                                Rp.    1.100
  4. Bere-bere (mama sisereh)                                                               Rp.    3.150
  5. Perninin (perkempun)                                                                      Rp.    3.150/2
  6. perkempun (binuang)                                                                      Rp.    3.150/2
  7. ciken-ciken (binuang)                                                                      Rp.    3.150/4
  8. perbibin (senina nande)                                                                    Rp.    3.150/4
  9. Si rembah ku lau (mantik tapi lit mbako                                            teruh pinggan
  10. Gamet (senina)                                                                                 Rp.    2.000
  11. Bapa tua (sedalanen)                                                                        Rp.     1.000
  12. Bapa nguda (sedalanen)                                                                    Rp.     1.000
  13. Impal bapa sintua                                                                              Rp.     1.000
  14. Impal nande sintua                                                                             Rp.     1.000
  15. Kepala desa        arah si sereh Rp. 10.000       arah si empo Rp. 5000
  16. Sikelang                                                                                             Rp.    1.000
  17. Tebus tulan                                                                                    Rp.    3.000 ( adi lamotong 1 arah si sereh, 2 arah si empo. Adi motong 4 man si sereh (sukut, gamet, kalimbubu, anak beru) 2 man si empo emekap man sukut ras anak beru
  18. Anak beru si latih / perkempun                                                            Rp. 3.000  (dua man anak beru si sereh, sada man anak beru si empo)
  19. aimajek lape-lape/anak beru menteri/ikur sabe                                      Rp. 1.000

gantang tumba ini akan berbeda di daerah lain  contoh nya di gunung-gunung/ teruh deleng ( kuta buluh, Tiga nderket), Karo Timur ( cingkes, gunung meriah, bangun purba), Karo jahe/karo dusun ( Lau cih/namo gajah)

dalam nganting manuk ayam yang perlu di persiapkan, berupa
  1.      Tinembu (manuk ulu )       (1 ekor)
  2.      Pengarakna                      (1 ekor)

Sewaktu menentukan besarnya gantang tumba/unjuken ini, maka sukut sinereh biasanya meminta kalimbubu si ngalo ulu emas hadir bersamanya, untuk menentukan jumlahnya. Ini artinya bahwa si ngalo ulu emas telah menyetujui bere-berenya kawin dengan sigadis.
Menurut kenyataan sekarang, sering kita membicarakan uang jujuran singalo bere-bere, singalo perkempun dan singalo perbibin terlebih dahulu ditanyakan mengenai luah, yang harus mereka serahkan. Menurut adat luah singalo bere-bere tersebut adalah
  1.  Lampu (tending) yang menyala, maknanya agar keluarga yang didirikan itu menjadi terang kepada semua keluarga dan orang banyak.
  2. Kudin perdakanen ras ukat (kuali ti tambah sendok), maknanya adalah modal, agar berusaha sekuat tenaga untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Kudin (kuali) tidak boleh kosong, kalau kosong akan terjadi masalah dalam keluarga tersebut.
  3. Piring (pinggan) pasu, maknanya agar keluarga baru tersebut selalu menerima doa restu yang baik (pasu-pasu)
  4. Beras meciho (beras page situnggung) dalam mangkuk, telur ayam. Makna nya agar keluarga baru tersebut serasi dan menerima kemuliaan.
  5. Manuk pinta-pinta (ayam untuk di pelihara), maknanya agar keluarga tersebut mau memelihara ayam tersebut agar kalau ada keluarga yang datang, ayam tersebut dapat di potong dan di makan bersama.
  6.  Amak dabuhken / amak tayangen (tikar tidur ditambah bantal), maknanya tempat tidur, memikirkkan hal-hal yang baik.
Akan tetapi dewasa ini kebiasaan njileken tentang luah ini, di mana uangnya di minta kepada keluarga pengantin laki-laki, atau di suruh beli olehnya barang-barang tertentu, seperti tilam, yang kemudian diserahkan kepadanya. Ini bukan adat tapi jile-jile, agar di anggap hebat.
Disamping luah singalo bere-bere, juga ada luah kalimbubu singalo perkempun, berupa:
  1. Sebuah tikar kecil (amak cur)
  2. Satu buah bantal
  3. Seekor ayam untuk dipelihara (manuk asuhen)
  4. Pinggan (piring) dua buah
Selanjut nya ada juga luah dari singalo perbibin, berupa:
  1. Sebuah uis gara ( perembah pertendin)
  2. Sebuah tikar kecil ( amak cur)
Biasanya kalimbubu singalo ulu emas juga membawa luah berupa :
  1. Pinggan pasu/ perpanganen (dua buah)
  2. Tikar (amak cur) satu buah
  3. Mangkok berisi beras dan sebutir telur ayam
  4. Seekor ayam peliharaan (manuk asuhen)

Selesai membicarakan uang jujuran ( gantang tumba/unjuken), maka pembicaraan di lanjutkan mengenai:
1. Hari pelaksanaan pesta : 
    Maksud nya dimana pesta akan dilakukan, pukul berapa, dan sebagainya
2. Ose
    Selanjutnya dibicarakan masalah ose (pakaian adat) yang akan dipakai oleh pengantin, orang tua(nande/bapa) sembuyak dan senina tanda-tanda untuk anak beru.
Pakaian pengantin laki laki adalah :
  • Uis nipes (beka buluh)                                   Bulang-bulang
  • Sertali                                                           Hiasan bulang-bulang ditambah kalung
  • Gelang Sarung                                               Tangan kanan
  • Uis ariteneng/julu                                           gonje
  • Uis emas                                                       kadang-kadangen (selempang)
  • Uis nipes                                                       cengkok cengkok
  • Ragi Jenggi                                                    benting
 Pakaian pengantin perempuan adalah :
  • Kelam kelam                             Tudung
  • Uis                                             Jujungen
  • Sertali                                       Hiasan tudung
  • Anting-anting tudung                  anting kodong-kodong
  • Uis arinteneng                            Abit
  • Uis Nipes                                  langge-langge
  •  
Orang tua pengantin berpakaian lengkap, tetapi tidak memakai sertali. Dalam pesta sintua (agung), maka sembuyak juga ikut rose lengkap. Untuk itu ose tersebut harus di bawa oleh kalimbubu simaba ose. Akan tetapi kerja sintengah dan singuda ose itu di bawa sendiri-sendiri.
Selesai pembicaraan mengenai ose, dilanjutkan membicarakan mengenai pesta, misalnya ngukati, rose, pedalan emas, landek/mereken telah-telah dan acara makan. Selanjutnya juga dibicarakan bentuk makanan (gulai), setelah itu dilaksanakan sijalapen, kemudian pihak laki-laki menyerahkan 5 buah pudun kepada pihak perempuan, yang diserahkan kepada sukut sinereh, anak beru, singalo bere-bere, si ngalo perkempun, dan singalo perbibin,.
Acara nganting manuk diawali atau di akhiri dengan makan bersama. Pada Acara ini, ada nakan baluten (makan khusus) yang diserahkan kepada pihak perempuan lima buah dan pihak laki-laki satu buah, nakan baluten itu di serahkan kepada:
  1. Sukut sinereh
  2. singalo bere-bere
  3. Singalo perkempun
  4. Singalo perbibin
  5. Anak beru sinereh
Sedangkan nakan baluten di pihak laki laki diserahkan kepada kalimbubu singalo ulu emas
Pada acara nganting manuk, juga harus ada luah pihak laki-laki berupa gulame(dodol) atau lemang, sesuai dengan daerah masing-masing






























Nganting Manuk adalah, lagu karo Nganting Manuk, lagu Nganting Manuk, acara Nganting Manuk, Nganting Manuk lagu karo, Nganting Manuk adat karo, Nganting Manuk mp3, arti Nganting Manuk, Nganting Manuk mp3 download, Nganting Manuk adat, pelaksanaan Nganting Manuk, perlengkapan Nganting Manuk


Budaya Karoshi, Budaya Karo - sejarah marga-marga, Budaya Karo ibas terang kata dibata, Budaya Karo kerja tahun, Budaya Karo pdf, budaya batak karo, sejarah Budaya Karo, seni Budaya Karo, budaya adat karo, budaya tanah karo, artikel Budaya Karo, budaya suku batak karo, lagu budaya batak Karo mp3 download, budaya adat batak karo, sejarah budaya batak karo, seni budaya batak karo, Perkembangan budaya batak karo, makalah budaya batak karo, unsur budaya batak karo, cerita Budaya Karo, contoh Budaya Karo, budaya daerah karo, filsafat Budaya Karo, jenis Budaya Karo, budaya kabupaten karo, budaya khas karo, budaya kalak karo, sosial budaya kabupaten karo, kesenian budaya karo, gambaran sosial budaya kabupaten karo, keragaman budaya karo, lagu budaya karo, mengenal budaya karo, makalah Budaya Karo, budaya orang karo, pengertian Budaya Karo, pantun Budaya Karo, radio Budaya Karo, pesta Budaya Karo, acara Budaya Karo, musik Budaya Karo, situs Budaya Karo, situs Budaya Karo, website Budaya Karo, tarian Budaya Karo, tenah Budaya Karo, tentang budaya karo.

mp3 lagu karo, lirik lagu karo, lagu karo mp3, lagu perjabun, lagu pengantin mp3, lagu pengantin teks, lirik lagu pengantin karo, download lagu karo, festival lagu karo, teks lagu karo, lagu pengantin karo, lagu pengantin karo mp3, gratis dowload lagu karo, 
Masyarakat karo tempo dulu, Masyarakat karo terobos mendagri,  Masyarakat karo demo bupati, himpunan Masyarakat karo indonesia, tokoh Masyarakat karo, demo Masyarakat karo, sejarah Masyarakat karo, tradisi Masyarakat karo, cerita masyarakat karo, legenda Masyarakat karo, masyarakat adat karo, agama Masyarakat karo, himpunan Masyarakat karo, karakteristik Masyarakat karo, kepercayaan Masyarakat karo, karakter Masyarakat karo, kekerabatan Masyarakat karo, asal usul Masyarakat karo, latar belakang Masyarakat karo, sistem kekerabatan Masyarakat karo, organisasi Masyarakat karo, masyarakat tanah karo.



2 komentar:

Anonim mengatakan...

Maaf pak tradisi menjunjung tinombu pada acara sayur matua dan sajian ayam yang diatur yang ditampilkan ini adalah budaya Simalungun bukan budaya Karo, penduduk yang mengaku Karo yang ada di Dolog Silou hingga Gunung Mariah dan Karo Jahe awalnya adalah orang Simalungun yang mengalami transisi identitas menjadi Karo, makanya mereka tetap melestarikan budaya leluhur mereka suku Simalungun. Marga Sembiring yang ada di Dolog Silou adalah peralihan dari Sipayung dan Silalahi, Tarigan peralihan dari Purba, dan Ginting Simarmata dan Garamata peralihan peralihan dari Saragih Simarmata, jangan pernah mengingkari leluhur dan warisannya jangan pernah dikhianati serta diganti labelnya dengan nama lain. Bila ini memang budaya asli suku Karo, tentu akan dikenal secara luas di seluruh wilayah Karo, seperti di Kaban Jahe, Berastagi, Juhar, Tiga Binanga, dan lain-lain. Namun ternyata hanya dikenal di daerah Simalungun yang penduduknya merasa suku Karo, saran saya sebaiknya bapak banyak-banyaklah belajar budaya Karo dan Simalungun agar bapak tahu dimana letak persamaan dan perbedaannya. Dan saya perhatikan orang Karo sangat senang mengklaim budaya orang lain bagian dari budayanya tanpa melalui proses pengkajian yang mendalam. Begitu giliran orang Karo yang diklaim mereka marah dan tidak terima, tapi mengklaim budaya dan daerah orang lain seenak perut mereka. Terima kasih

beerink mengatakan...

sayang sekali bapak tidak meberikan identitas bapak saat berkomentar,, jika ada mungkin bisa bertukar pikiran ,,,,
Analisa yang bapak buat itu cukup bagus,,, mungkin bapak punya sitasi ataupun rujukan dari pendapat bapak,,,
tapi jika cuma pendapat pribadi atau cuma analisa pribadi itu sangat sulit di terima,,, karena hanya akan memecah kedekatan kekerabatan budaya dan karo,,, karna pada dasarnya saya pribadi bukan bertujuan memecah antara budaya ,, tetapi bagaimana itu kembali di ingatkan dan kembali di hargai ,,,

malas tumang uhur mambaca komentar ni ham on ,,, andohar ma tardearan i baen hita lae,,,

Namun sekali lagi banyak terima kasih ,,,

EBOOK GRATIS

”buku ”buku ”buku ”diagnosis ”buku

Entri Populer